-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan






Peringati Tahun Baru Islam, Pemprov Riau Undang Ustadz Adi Hidayat

| Sunday, July 16, 2023 WIB | Last Updated 2023-07-17T11:14:30Z

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mengundangan Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam rangka memperingati tahun baru Islam pada 1 Muharram 1445 Hijriah yang jatuh pada 19 Juli 2023. 

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, menjelaskan bahwa Pemprov Riau telah melakukan segala persiapan untuk meriahkan perayaan tahun baru Islam. Untuk pelaksanaanya nanti akan dilaksanakan di Masjid Raya Annur Provinsi Riau . 

“Insyallah tanggal 20 kita akan merayakan peringatan hari 1 Muharram, ikemarin meninjau dalam rangka untuk mempersiapkan peringatan 1 muharram di sana [Masjid Raya Annur Provinsi Riau],” kata Syamsuar

“Kita sudah undang ustaz dari Jakarta yaitu Ustadz Adi Hidayat, semuanya sudah kita persiapkan,” tambahnya. 

Dapat dijelaskan bahwa secara etimologis, Muharam berarti bulan yang diutamakan dan dimuliakan. Makna bahasa ini memang tidak terlepas dari realitas empirik dan simbolik yang melekat pada bulan itu, karena Muharam sarat dengan berbagai peristiwa sejarah baik kenabian maupun kerasulan.

Tahun baru Islam merupakan sebuah peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Peristiwa ini tergores dalam tinta sejarah Islam yang hingga saat ini diperingati sebagai pergantian tahun baru Islam.

Peristiwa Hijrah dari Makkah ke Madinah bukan saja mengandung nilai sejarah dan strategi perjuangan. Namun juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran berharga bagi perbaikan kehidupan umat secara pribadi dan kejayaan kaum muslim pada umumnya.(sem)