-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan






Dua UMKM Binaan PHR Terima Sertifikat Halal

| Tuesday, July 18, 2023 WIB | Last Updated 2023-07-18T07:06:09Z

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menerima sertifikat halal yang diserahkan oleh lembaga sertifikasi Sucofindo pada 13 Juli lalu.

Pekanbaru, Dua Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan PT. Pertamina Hulu Rokan (PT. PHR) terima sertifikat halal dari lembaga sertifikasi Sucofindo pada acara Forum Kapasitas Nasional (Forkapnas) wilayah Sumatera Bagian Utara (SUMBAGUT) Tahun 2023 di Batam Kepulauan Riau pada Kamis 13 Juli lalu. (17/07)


Penerimaan sertifikasi halal tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, Dalam arahannya, ia mengapresiasi PHR bersama Kontrak Kerja Sama (KKKS) lainnya yang selalu mendukung Usaha Kecil Menengah di Provinsi Riau untuk terus maju dan berkembang.


"Pemerintah Provinsi Riau sangat mengapresiasi PHR bersama KKKS yang selalu mendukung UMKM yang ada di Provinsi Riau untuk maju dan berkembang, dan juga terima kasih kepada SKK Migas dan KKKS atas komitmen dalam membantu masyarakat sekitar wilayah operasi terutama di Sumbagut", Sahut Syamsuar. 


“Kita melihat adanya dukungan dari KKKS sampai dengan penyiapan industri halal, Kami berharap dari pelaku usaha ini tidak hanya menasional tapi juga mendunia sehingga bisa mengembangkan produknya untuk dijual ke berbagai negara" harapnya.


Dukungan sertifikasi halal bagi pelaku usaha menurut Syamsuar selaras dengan semangat Indonesia yang tengah mengembangkan ekonomi syariah, begitu pula konsep wisata halal yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Riau melalui Peraturan Gubernur (Pergub) Riau nomor 18 tahun 2019 tentang Pariwisata Halal.  


Saat ini Riau tengah menyiapkan satu Kawasan sebagai pusat kuliner dan jajanan bernama Kuliner Khas atau singkatan dari Kuliner Halal Aman dan Sehat guna menggerakkan ekonomi masyarakat melalui sektor UMKM.


“Riau telah ditetapkan oleh bapak wakil presiden sebagai zona ekonomi syariah. Sudah banyak penghargaan yang telah dicapai atas komitmen memajukan ekonomi syariah. Kami berharap semua binaan perusahaan migas yang bergerak di industri makanan dan minuman agar semuanya mendapat sertifikasi halal,” kata Syamsuar.  


Adapun dua penerima sertifikasi halal binaan PT. PHR tersebut yakni Graha Fish Pratama merupakan UMKM yang berlokasi di Desa Koto Masjid yang dikenal sebagai Desa Wisata Kampung Patin, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar, dan Tambul Lomak yang merupakan hasil program vokasi PHR dengan delapan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Riau. Dengan keterampilan siswa-siswi dan alumni SMK, UMKM ini menawarkan beragam jajanan, kuliner dan cendera mata khas Riau.


Pembinaan dan pendampingan terus dilakukan oleh PHR bersama Dinas Pendidikan serta Dinas perdagangan dan Perindustrian Riau untuk menggali jiwa kewirausahaan dan terbukanya lapangan kerja.  


Tak cukup sampai di situ saja, penerima sertifikasi halal tersebut pimpinan sentra pengolahan dan budidaya ikan patin binaan PHR sekaligus mitra pelaksana Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau Suhaimi juga menyampaikan ucapan yang sama dan berharap dapat mengembangkan usaha.


"Dengan terbitnya sertifikat halal hendaknya dapat memperluas pasar serta menjadi penyemangat kami untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi", Terang Suhaimi. (Rls/jri)