-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan






Lapas Bangkinang Gandeng BPBD Dalam Pembekalan Petugas

| Saturday, June 24, 2023 WIB | Last Updated 2023-06-24T15:40:23Z
Adi Candra Lukita Ketika Memberikan Pembekalan Praktek Pemadaman Api 


Kampar - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Kabupaten Kampar gandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar sebagai pemateri dalam pembekalan penanggulangan bencana, selain itu kegiatan ini merupakan Sebagai salah satu bentuk agenda dalam kegiatan Pembinaan Fisik, Mental dan Disiplin (FMD) bagi Petugas Lapas. 


Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang Misbahuddin mengatakan materi ini (Kebakaran_red) dinilai perlu sebagai bekal dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi kapan saja.


“Pembekalan penanggulangan bencana kebakaran ini dinilai sangat penting agar petugas memiliki tanggungjawab yang sangat besar terhadap penyelamatan jika terjadi bencana kebakaran di Lingkungan Lapas”, Ucap Mishbahuddin.


Mishbahuddin juga berharap dengan adanya pembekalan penanggulangan bencana kebakaran ini dapat berguna bagi petugas tidak hanya di area Lapas IIA Bangkinang juga, tetapi juga dapat berguna di lingkungan masyarakat.


“Tidak ada yang menginginkan terjadinya bencana, tetapi kita harus siap untuk menghadapi hal tersebut. Pembekalan ini harus diikuti dengan serius agar berguna bagi petugas, tidak hanya di area Lapas tetapi ditengah-tengah masyarakat jika terjadi bencana kebakaran", Tambah mishbahuddin.


Dalam kegiatan Penanggulangan Bencana Kebakaran ini, pihak BPBD Kabupaten Kampar memberikan pelatihan simulasi mulai dari pengenalan terhadap alat pemadam kebakaran, tata cara evakuasi hingga prosedur mematikan api dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).


Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kabupaten Kampar menyampaikan tingginya antusias petugas dalam melakukan praktek. 


"Kami melihat tingginya antusias petugas lapas dalam melakukan kegiatan ini terutama ketika melakukan praktek pemadaman, kita berharap kegiatan ini terus dilanjutkan dan jika perlu seluruh Satuan Tugas penanggulangan bencana dapat melakukan peningkatan SDM-Nya", Pungkas Candra. (Jri)