-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan






Plt. Kadiskes Buka Sosialisasi TPKJM

| Wednesday, November 08, 2023 WIB | Last Updated 2023-11-08T14:42:18Z



Kampar - Plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Riadel Fitri membuka Sosialisasi Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) di Ruang Rapat Kantor Bupati Kampar. (08/11)


Dalam sambutannya sebelum membuka Sosialisasi tim TPKJM Kabupaten Kampar Riadel Fitri menjelaskan "Pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dapat dilakukan melalui upaya kesehatan yang komprehensif mulai dari upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif", Jelasnya.


"Masalah kesehatan jiwa tidak menyebabkan kematian secara langsung, namun akan menyebabkan penderitaan berkepanjangan bagi individu, keluarga, masyarakat, dan negara karena penderitanya menjadi tidak produktif dan bergantung pada orang lain", Ucap Riadel. 


"Masalah kesehatan jiwa juga menimbulkan dampak sosial antara lain meningkatnya angka kekerasaran, kriminalitas, bunuh diri, penganiayaan anak, perceraian,, kenakalan remaja, penyalahgunaan zat, hiv/aids, perjudian, pengangguran, dan lain-lain", Tegasnya.


Menurut Riadel Fitri, kesehatan jiwa bertujuan menjamin setiap orang dapat mencapai kualitas hidup yang baik. 


"Program pelayanan kesehatan jiwa bertujuan menjamin setiap orang dapat mencapai kualitas hidup yang baik, menikmati kehidupan kejiwaan yang sehat, bebas dari ketakutan, tekanan dan gangguan lain yang dapat mengganggu kesehatan", Tambah pria yang menjabat sebagai Staf Ahli Bupati tersebut.


Ia juga dalam kesempatan itu berharap kepada semua sektor terkait agar dapat menangani masalah dan kendala dalam penanganan masalah ODGJ dan ODMK di Kabupaten Kampar. 


Riadel Fitri juga menyampaikan bahwa tim TPKJM sangat penting dibentuk tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat (TPKJM) di tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan/desa yang dikuatkan dengan surat keputusan (SK). (Jri)