-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan






4 Daerah di Riau Telah Tetapkan Status Siaga Karhutla

| Friday, March 03, 2023 WIB | Last Updated 2023-03-03T13:28:45Z

PEKANBARU - Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti telah menetapkan status siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sebelumnya juga telah ada dua daerah yang telah menetapkan status yang sama diantaranya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Bengkalis.

Sehingga dengan adanya penambahan dua kabupaten tersebut maka daerah di Riau yang telah menetapkan status siaga karhutla menjadi empat.

Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal mengatakan, meskipun belum diumumkan secara resmi, namun dua daerah tersebut sudah mempersiapkan berkas-berkas dan menginformasikan ke BPBD Riau terkait penetapan status tersebut.

"Yang baru saja melaporkan yakni Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti. Namun memang belum diumumkan secara resmi, tapi mereka sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan Forkopimda nya. Dengan demikian, sudah empat daerah di Riau yang menetapkan status siaga darurat Karhutla di Riau," katanya, Jumat (3/3/2023).

Lebih lanjut dikatakannya, dengan ditetapkannya status siaga darurat Karhutla tingkat kabupaten/kota, maka nantinya koordinasi akan lebih mudah dilakukan. Karena posko-posko pengendalian Karhutla sudah didirikan.

"Meskipun provinsi Riau sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla, namun kami juga minta pemerintah kabupaten/kota juga menetapkan status serupa agar memudahkan dalam hal koordinasi penangangan bencana Karhutla," pungkasnya.(ono)