-->

Notification

×

Kategori Berita

CARI BERITA

Iklan

Iklan


Iklan






Miliki Potensi Peternakan Tertinggi si Riau, Pemko Jambi Kunjungi Kabupaten Kampar

| Thursday, December 14, 2023 WIB | Last Updated 2023-12-16T05:10:17Z

Penjabat Bupati Kampar Muhamad Firdaus Berikan Penjelasan Peternakan yang Diterapkan Pemda Kampar

Kampar - Miliki potensi peternakan tertinggi di wilayah Provinsi Riau, Pemko Jambi kunjungi Kabupaten Kampar dan bertukar dibidang peternakan yang diterapkan. (14/12) 


Kunjungan rombongan Pemerintah Kota Jambi yang dipimpin oleh bupati Jambi Mashuri disambut langsung oleh bupati Kampar Muhammad Firdaus dan di jamu di Lantai Tiga Kantor Bupati Kampar. 


”kami ingin bertukar pikiran dan pencerahan, nantinya dari kunker ini apa yang pas akan di terapkan di Kabupaten Bungo khususnya peternakan itik petelur”, kata Bupati Bungo Mashuri. 


Dalam sambutannya Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE MM mengatakan, “SELAMAT DATANG” di Kabupaten Kampar kepada Bapak Bupati Kabupaten Bungo beseta rombongan, Terima kasih telah menyempatkan waktunya untuk dapat hadir ke wilayah Kabupaten Kampar", Ucapnya. 


Disampaikan pula gambaran umum Kabupaten Kampar, “ luar wilayah Kampar meliputi 11,289,28 KM, jumlah penduduk Kampar 812,702 jiwa, dan 21 Kecamatan 251 desa/kelurahan”. Jelasnya


Terkait dengan peternakan, Firdaus mengatakan, bahwa Kampar dalam peternakan memiliki beberapa potensi yaitu Rumininsia dan unggas terbesar di Riau, potensi lahan perkebunan sawit yang sangat luas sebagai sumber pakan ternak (sapi), pangsa pasar masih terbuka lebar, dukungan dan infrastruktur Kampar yang strategis, dukungan ketersedian SDM peternakan dan keswan.


Dijelaskan pula, ada permasalahan pertenakan di kabupaten Kampar yaitu, peternakan masih manjadi usaha sampingan karena di Kampar banyak mansyarakatnya berkebun sawit, pemeliharaan hewan masih bersifat tradisional, sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan dalam daerah, dan penyakit


"Saya berharap rapat ini kita sama-sama mendapat pencerahan sehingga mampu mendapatkan solusi untuk pertubuhan di kabupaten kampar dan bungo khususnya di bidang peternakan". Tutup Pj Bupati


Sebelum kunjungan berakhir dilanjutkan dengan saling tukar cendramata ciri khas masing-masing daerah. 


Dan dilanjutkan Pj Bupati Kampar dan Bupati Bungo beserta rombongan meninjau tempat peternakan itik didesa Kuapan Kecamatan Tambang.


Turut hadir dalam acara tersebut TP PKK Kab. Bungo Dr. Hj. Verawaty Mashuri, M.Pd, Sekda Kab. Bungo Drs. Mursidi, MM, Asisten I bidang pemerintahan dan kesra Zulpadli, S.E, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Quzwen Ikmal, S.Pi, Kepala Dinas Kesehatan dr. Safaruddin M.PH. (jri)