Indonesia & Meksiko Kerja Sama Terkait Pemilu

Selasa, 02 Juli 2013

Jakarta (Marwahriau.com)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dengan Instituto Federal de Electoral (IFE) Mexico (KPU Meksiko), menggelar acara International Workshop on Counting, recapitulation and Publication of Electoral Resuls for Election Management Body.
"KPU bersama dengan IFE dari Meksiko telah menandatangi kesepakatan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah kami siapkan cukup lama," ujar komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2013).
"Pada intinya, sesama penyelenggara pemilu, kami menyepakati untuk saling membantu, bertukar pengalaman, saling meningkatkan kemampuan sebagai penyelenggara pemilu," imbuhnya.
Acara ini mengundang KPU di Negara-negara kawasan ASEAN, KPU Korea, Kedutaan Besar Negara ASEAN, instansi dan lembaga pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), universitas serta tamu undangan lainnya.
Salah satu yang melatarbelakangi diselesenggarakannya forum ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang sistem dan teknis pemilu terutama dalam penghitungan. Kemudian rekapitulasi dan publikasi hasil pemilu, penggunaan teknologi dalam pemungutan, dan penghitungan suara serta isu-isu lainnya yang akan berimbas pada keadilan dan transparansi penyelenggaraaan pemilu.
Dalam kerangka tersebut, international workshop ini bertujuan untuk menyuguhkan sudut pandang yang bersifat komparatif. Serta pertukaran pengalaman terhadap tantangan pemilu yang dihadapi baik itu oleh Meksiko, Indonesia, Korea maupun lembaga pemilu negara ASEAN terkait sistem.
Kemudian teknis pemilu dalam penghitungan, rekapitulasi dan publikasi hasil pemilu serta masalah yang dihadapi dan jalan keluarnya. Selain itu, acara ini juga berkontribusi pada penguatan kelembagaan melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara KPU Indonesia.
KPU Mexico serta KPU ASEAN dalam perbaikan proses penyelenggaraaan pemilu. Workshop ini menyuguhkan pertemuan dan pertukaran informasi pemilu secara dinamis, yang akan menghubungkan antar teori dengan praktik di lapangan.
Sumber : Sindonews



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © September, 2012. Marwah Riau - All Rights Reserved
Design by Blogger Inside Inspired by Create Website
Proudly powered by Blogger